Ini ada beberapa tips/resep yang adapat anda terapkan di rumah jika ingin membuat hidangan bebek Madura. Resepe ini sebenarnya cukup sederhana dan hasilnya akan memuaskan selera keluarga kita. Beberapa resep ini dikumpulkan dari beberapa refensi sehingg cukup beragam. Beragam tentunya akan memperbanyak macam-macam hidangan kita tentunya, apalagi bebek Madura seakan tidak ada matinya. Lidah tak pernah pahit untuk mencicipi yang namanya bebek Madura.

Tips menghindari amis: 
Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal. Buang bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

Bahan: 
1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
2 sdm cuka
400 ml air matang
2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1.5 sdt ketumbar sangrai
0.5 sdt merica butiran sangrai
4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
8 butir kemiri
2 sdt garam

Cara:
Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.
Tips:
Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

Saus Kuning
300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

Sambal Bawang
Bahan: 
3 butir bawang merah, iris kasar
4 buah cabe merah, iris halus
Cabe rawit secukupnya
1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
½ sdt terasi goreng
½ sdt garam /secukupnya
1 sdt gula /secukupnya
4 sdm minyak
100 ml air matang

Cara: 
Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
Note:
Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D

Poyah Kelapa KuningBahan: 
200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
Bumbu halus:
1 siung bawang putih
½ sdt garam
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara: 
Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

Pelengkap lain: 
- Nasi hangat
- Irisan tomat & mentimun
- Petikan daun kemangi
- Irisan jeruk nipis
- Lalapan lain sesue slera

Penyelesaian:
Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah

Bebek Goreng Kremes 

Bahan: 

1 ekor bebek, potong jadi 8 bagian
500 ml air kelapa
1 lbr daun salam
2 cm lengkuasHaluskan:
5 siung bawang putih haluskan
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Kremesan: 
250 air rebusan bebek
50 gr tepung beras

Cara membuat: 
  • Cuci bersih bebek, lumuri bebek dengan air jeruk nipis dan garam. Dan diamkan selama 15 menit.
  • Cuci bebek hingga bersih. Masukkan bebek dalam panci beri air kelapa, salam lengkuas, bumbu halus masak hingga bebek empuk. Angkat, sisihkan air perebus.
  • Campur air perebus bebek dengan tepung beras, aduk hingga rata dan licin.
  • Panaskan minyak dengan api besar, goreng bebek hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sisihkan.
  • Panaskan minyak, goreng tepung berbumbu (jangan diaduk) hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Taburi kremes di bebek goreng. Sajikan.


Bebek Betutu khas Ubud Bali 

Bahan : 

1 ekor bebek, ± 2¼ kg, 3 sdm minyak goreng, Daun pisang untuk membungkus

Bumbu yang dihaluskan : 
18 bawang merah, 6 siung bawang putih, 3 batang serai, 5 daun jeruk purut, 6 kemiri, 4 cm jahe, 6 cm kunyit, 6 cm kencur, 1 sdt merica, 5 cabai rawit, 1 sdt ketumbar, 2 sdt terasi bakar, 1½ sdm garam

Cara Membuat: 
  • Cuci dan bersihkan bebek hingga kering, sisihkan.
  • Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng di dalam baskom. Aduk hingga merata.
  • Oleskan bumbu di atas di bagian luar bebek. Lalu masukkan sisa bumbu semua ke dalam perut bebek.
  • Tutup bagian belakang bebek yang terbuka dengan tusuk sate.
  • Bungkus bebek tersebut dengan daun pisang hingga rapat lalu dikukus selama 50 menit.
  • Angkat bebek yang sudah dikukus lalu masukkan ke dalam oven yang terlebih dahulu dipanaskan dengan temperatur 350ºF selama 30 menit.
  • Lepaskan daun pisang pembungkus lalu potong kecil-kecil daging bebek tersebut dan dihidangkan bersama isinya.
  • Jika bebek matang, dagingnya akan sangat lembut dan bisa terlepas dari tulangnya dengan mudah.

Catatan: Rasa bebek betutu ini akan lebih enak jika pemanggangan dilakukan di atas arang atau sabut kelapa daripada menggunakan oven. Tapi, jika menggunakan arang, jangan lupa untuk membalikkan bebek beberapa kali supaya matang dan bumbu meresap dengan merata.

KARI BEBEK 
Ukuran porsi: 6 orang

Bahan: 
" 1 ekor bebek potong jadi 8 bagian
" 2 bh jeruk nipis ambil airnya
" 1 sdt garam
" 5 sdm minyak sayur
" 8 bh bawang merah, iris tipis
" 10 cm daun pandan
" 2 btg serai, ambil bagian yang putih, memarkan
" 300 ml santan kental
" 500 ml santan cair
" 10 helai daun kari/ daun salam koja

Haluskan: 
" 100 gr cabai merah
" 5 btr kemiri
" 1 sdm ketumbar, sangrai
" 1 sdt lada
" ¼ sdt kayumanis
" 10 bh bawang merah
" 2 cm kunyit
" ¼ sdt jinten
" 2 bt cengkeh
" 2 bh kapulaga
" 5 siung bawang putih
" 2 cm jahe
" ¼ sdt adas manis
" 1 bh bunga peka
" 1 sdt kas-kas
" 1 sdt garam

Cara membuat: 
  1. Lumuri potongan bebek dengan garam dan air jeruk nipis, biarkan selama 15 menit, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, daun pandan dan serai, aduk sampai layu.
  3. Masukkan potongan bebek, aduk hingga bebek berubah warna, tuang santan cair dan salam koja, masak hingga bebek empuk.
  4. Terakhir tambahkan santan kental, masak hingga kental dan berminyak.
  5. Sajikan hangat.

8 komentar:

  1. saya ingin mempelajari lebih jauh karena berniat ingin membuka jongko jualan bebek madura,adah tips lebih jauh buat saya,tolong emailkan ke mbah_alit@yahoo.com

    terimakasih.

    BalasHapus
  2. bebek yang terlalu tua apakah msh bisa dengan mudah untuk di empukkan?? thanks

    BalasHapus
  3. sip.. makasih banyak sudah berbagi info :D

    BalasHapus
  4. Siipp.. cukup membantu infonya..

    BalasHapus
  5. herlina dwi purnama3 Februari 2014 06.26

    kok kalo saya buat gak hitam dan beda rasanya dengan dengan saya beli..bedanya dimana ya..mungkin ada suatu bumbu rahasia..tolong balaskan ke email saya ya..terimakasih...Herlinadwip@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Boleh minta resep lebih jauh ny ga ? Saya jga sudah coba resepnya cuma ga sama sperti yang saya beli. Mohon info nya yaa, saya ada minat untuk buka usaha ini. Tolong balas k email saya yaa dhewiigushelmita@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  7. Resepnya kayak kopi paste semuanya sama mendingan buatan syaa dah

    BalasHapus